Download EM170. Andrea Doria – Quid Pro Quo.pdf (2.15 MB)

Posted on

EM170. Andrea Doria - Quid Pro Quo.pdf

Andrea Doria: Kisah Quid Pro Quo yang Mematikan

Kapal penumpang mewah Italia Andrea Doria tenggelam pada 25 Juli 1956, setelah bertabrakan dengan kapal Swedia Stockholm. Tragedi ini menewaskan 46 orang dan menjadi sejarah maritim sebagai salah satu bencana laut paling mengerikan pada abad ke-20.

Latar Belakang

Andrea Doria adalah kapal pesiar andalan Armada Garis Italia yang berlayar menuju New York dari Genoa. Kapasitas angkutnya sekitar 1.200 penumpang dan 500 awak. Kapal ini dikenal dengan kemewahan dan fasilitasnya yang canggih, menjadikannya favorit bagi para pelancong kaya.

Stockholm, kapal tanker Swedia, berlayar dari New York menuju Stockholm. Kapal ini membawa sekitar 1.500 ton bahan bakar dan 100 penumpang.

Tabrakan yang Mematikan

Pada malam 25 Juli 1956, kedua kapal bertabrakan di dekat Nantucket, Massachusetts. Menurut penyelidikan resmi, Stockholm berlayar dengan kecepatan tinggi dalam kabut tebal dan gagal memberikan jalan kepada Andrea Doria.

Benturan itu menyebabkan lubang besar di lambung Andrea Doria, menyebabkan air membanjiri kompartemen mesin. Kapal pun mulai miring dan tenggelam perlahan.

Operasi Penyelamatan

Sejumlah kapal terdekat bergegas ke lokasi kejadian untuk membantu menyelamatkan penumpang dan awak Andrea Doria. Penjaga Pantai Amerika Serikat dan kapal angkatan laut juga berpartisipasi dalam operasi penyelamatan.

Lebih dari 1.600 orang diselamatkan dari bangkai kapal, termasuk banyak penumpang dan awak. Namun, 46 orang lainnya meninggal dunia.

Quid Pro Quo

Tragedi ini menimbulkan kontroversi mengenai "quid pro quo" antara pemilik Andrea Doria dan Stockholm. Menurut beberapa laporan, pemilik Stockholm diduga menawarkan untuk tidak menuntut jika pemilik Andrea Doria setuju untuk membeli kapal tanker lain.

Tuduhan ini tidak pernah terbukti, tetapi mereka menambah spekulasi dan misteri seputar tragedi tersebut.

Dampak

Tenggelamnya Andrea Doria memiliki dampak yang signifikan pada industri pelayaran. Hal ini menyebabkan meningkatnya peraturan keselamatan dan perubahan cara kapal berlayar dalam kondisi kabut.

Tragedi ini juga menjadi kisah peringatan tentang bahaya kelalaian dan pentingnya kewaspadaan di laut.

Detail File PDF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *