Download REV SKRIPSI RANDI.docx (487.76 KB)

Posted on

REV SKRIPSI RANDI.docx

Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Remaja

Pendahuluan

Media sosial telah menjadi bagian integral dalam kehidupan banyak orang, terutama remaja. Penggunaan media sosial yang meluas telah memicu kekhawatiran tentang dampaknya terhadap kehidupan sosial mereka, termasuk kemampuan komunikasi interpersonal.

Dampak Negatif

  • Pengurangan Interaksi Tatap Muka: Penggunaan media sosial dapat mengurangi jumlah interaksi tatap muka antara remaja, yang mengarah pada berkurangnya keterampilan komunikasi lisan dan nonverbal.

  • Kurangnya Komunikasi Emosional: Komunikasi melalui teks atau pesan tidak memungkinkan remaja untuk menyampaikan nada suara, ekspresi wajah, dan isyarat tubuh, yang penting untuk komunikasi emosional yang efektif.

  • Penurunan Empati: Terlibat dalam dunia maya dapat menghambat kemampuan remaja untuk memahami dan berempati dengan orang lain secara langsung.

  • Cyberbullying: Media sosial dapat menjadi platform untuk cyberbullying, yang dapat merusak kepercayaan diri dan keterampilan komunikasi remaja.

Dampak Positif

  • Meningkatkan Konektivitas: Media sosial memungkinkan remaja untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga yang mungkin berjauhan.

  • Melatih Keterampilan Tertulis: Berkomunikasi melalui teks atau pesan dapat meningkatkan keterampilan menulis dan tata bahasa remaja.

  • Memfasilitasi Kolaborasi: Media sosial dapat memfasilitasi proyek kelompok dan tugas sekolah lainnya, meningkatkan keterampilan komunikasi tertulis dan lisan.

  • Mengatasi Hambatan Sosial: Bagi remaja yang pemalu atau penyendiri, media sosial dapat menyediakan lingkungan yang aman untuk berinteraksi dengan orang lain.

Kesimpulan

Penggunaan media sosial memiliki dampak yang kompleks terhadap kemampuan komunikasi interpersonal remaja. Meskipun dapat meningkatkan koneksi dan memfasilitasi komunikasi tertentu, penggunaannya yang berlebihan dapat menimbulkan konsekuensi negatif, seperti penurunan interaksi tatap muka dan berkurangnya empati. Penting bagi orang tua dan pendidik untuk membimbing remaja tentang penggunaan media sosial yang sehat dan mendorong mereka untuk menyeimbangkan interaksi online dan offline.

Detail File

Nama File Ukuran Tanggal Unggah Unduhan Link Download
REV SKRIPSI RANDI.docx 487,76 KB 20 Juni 2024 0 https://adani.my.id/s.php?id=9qQOa3f2JGW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *