Unduh Sejarah Teks Al-Quran dari Wahyu sampai Kompilasi.pdf (25.94 MB)

Posted on

Sejarah Teks Al-Quran dari Wahyu sampai Kompilasi.pdf

Perjalanan Sejarah Teks Al-Qur’an dari Wahyu hingga Kompilasi

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang diyakini sebagai firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril. Proses penyusunan dan kompilasi Al-Qur’an trải melalui perjalanan panjang yang melibatkan banyak tokoh dan peristiwa penting.

Masa Rasulullah

Setelah Nabi Muhammad menerima wahyu pertama di Gua Hira pada tahun 610 M, wahyu-wahyu berikutnya juga terus turun. Wahyu-wahyu ini dicatat oleh para sahabat Nabi dan ditulis pada berbagai media, seperti tulang, kulit binatang, dan pelepah kurma.

Masa Khulafaur Rasyidin

Pada masa pemerintahan Khalifah Abu Bakar, dikhawatirkan kehilangan sebagian wahyu yang telah tertulis. Oleh karena itu, ia memerintahkan Zaid bin Tsabit untuk mengumpulkan dan mengkompilasi semua ayat Al-Qur’an yang telah tertulis maupun dihafal oleh para sahabat.

Kompilasi ini kemudian disusun menjadi sebuah mushaf yang dikenal sebagai Mushaf Abu Bakar. Namun, mushaf ini hanya berisi ayat-ayat saja dan belum diatur berdasarkan urutan surahnya.

Masa Khalifah Utsman

Pada masa pemerintahan Khalifah Utsman, terjadi perbedaan bacaan Al-Qur’an di berbagai daerah. Untuk mengatasi hal ini, Utsman memerintahkan Zaid bin Tsabit dan timnya untuk membuat mushaf standar yang dapat digunakan oleh seluruh umat Islam.

Mushaf Utsman disusun berdasarkan urutan surah sesuai dengan wahyu yang diterima oleh Nabi Muhammad. Mushaf ini juga distandarisasi dalam hal bacaan dan penulisan.

Penyebaran dan Pengaruh

Mushaf Utsman kemudian disebarkan ke seluruh wilayah kekuasaan Islam. Ini menjadi dasar teks Al-Qur’an yang digunakan hingga saat ini. Teks Al-Qur’an yang distandarisasi memiliki peran penting dalam penyebaran dan pemahaman ajaran Islam.

Detail File

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *