Unduh Skripsi Sahnan Firman Harahap Original .docx (3.32 MB)

Posted on

Skripsi Sahnan Firman Harahap  Original .docx

Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal terhadap Kinerja Perusahaan

Pendahuluan

Kinerja perusahaan menjadi aspek penting dalam mengukur keberhasilan dan kestabilan finansial suatu usaha. Kinerja tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap kinerja perusahaan.

Faktor Internal

  • Kemampuan Manajerial: Kemampuan manajemen dalam mengelola sumber daya, mengambil keputusan, dan memimpin perusahaan secara efektif.
  • Struktur Organisasi: Struktur yang jelas dan efisien dapat meningkatkan koordinasi, komunikasi, dan pengambilan keputusan.
  • Budaya Organisasi: Budaya positif dapat memotivasi karyawan, meningkatkan inovasi, dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif.
  • Kapasitas Inovasi: Kemampuan perusahaan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan produk, layanan, atau proses baru yang bernilai bagi pelanggan.

Faktor Eksternal

  • Lingkungan Industri: Kompetisi, tren pasar, dan faktor teknologi yang memengaruhi industri tempat perusahaan beroperasi.
  • Kondisi Makroekonomi: Kondisi perekonomian, seperti inflasi, suku bunga, dan kebijakan pemerintah, dapat memengaruhi permintaan dan biaya operasi.
  • Peraturan Pemerintah: Regulasi pemerintah, seperti undang-undang ketenagakerjaan dan perlindungan lingkungan, dapat memengaruhi biaya dan operasi perusahaan.
  • Faktor Sosial dan Budaya: Faktor sosial dan budaya, seperti perubahan gaya hidup dan nilai-nilai pelanggan, dapat memengaruhi permintaan dan perilaku konsumen.

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data dari perusahaan manufaktur di Indonesia. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi berganda untuk menguji pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap kinerja perusahaan.

Hasil dan Diskusi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan eksternal secara signifikan memengaruhi kinerja perusahaan. Faktor internal, seperti kemampuan manajerial dan budaya organisasi, memiliki dampak positif yang lebih besar pada kinerja. Faktor eksternal, seperti kondisi makroekonomi dan lingkungan industri, juga memainkan peran penting, tetapi pengaruhnya lebih terbatas.

Temuan ini menyoroti pentingnya perusahaan untuk berfokus pada pengembangan faktor internal mereka, seperti meningkatkan kemampuan manajerial dan memupuk budaya organisasi yang positif. Selain itu, perusahaan perlu memonitor dan beradaptasi dengan faktor eksternal untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan peluang.

Implikasi Manajerial

Implikasi manajerial dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan harus:

  • Berinvestasi dalam mengembangkan kemampuan manajemen dan kepemimpinan.
  • Membangun budaya organisasi yang kuat dan positif.
  • Mendorong inovasi dan pengembangan produk baru.
  • Memantau dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan industri dan makroekonomi.

Dengan memperhatikan faktor-faktor internal dan eksternal ini, perusahaan dapat meningkatkan kinerja mereka, meningkatkan keunggulan kompetitif, dan memastikan keberlanjutan jangka panjang mereka.

Detail File

Nama File Ukuran Tanggal Unggah Unduhan
Skripsi Sahnan Firman Harahap.docx 3,32 MB 26 Mei 2024 0

Link Download

Skripsi Sahnan Firman Harahap.docx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *